Selasa, 24 April 2012

laporan prakerin DPPKAD Kab. Gorontalo


LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH
KABUPATEN GORONTALO
TANGGAL 1 Februari S/D 30 April 2012

OLEH:
ERIKS M. TAHIR
PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI













DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN GORONTALO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 1 LIMBOTO




                                                                                                     
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan praktek kerja industri ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2012/2013 serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah penulis berharap dengan diselesaikan laporan ini, penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia kerja/industri dalam hal ini DPPKAD, dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek kerja industri di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah ( DPPKAD ) Kab. Gorontalo.
laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      ANITA TALIPI, S.Pd                             Selaku pembimbing dari sekolah
2.      FEBRIANTY RAUF                              Selaku pembimbing di Instansi
3.      HARDI POMALINGO, M.Pd              Selaku Kepala SMK Neg. 1 LIMBOTO
4.      YUSRAN LAPANANDA, SH. MH      Selaku Kepala Dinas PPKAD
5.      Dan semua pihak yang telah membantu pembuatan laporan ini sehingga terselesaikan dengan baik





Limboto, 30 April 2012






                 Penyusun
                 ERIKS M. TAHIR




















LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN HASL PRATEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD)
Laporan ini diajukan sebagai salah satu persyaratan
Untuk mengikuti UAS maupun UAN dan
untuk mengikuti evaluasi prakerin


 
Limboto,30  April 2012

   Guru Pembimbing                                                            Pembimbing di Instansi

 ANITA TALIPI, S.Pd                                                          FEBRIYANTY RAUF
NIP. 19760514 200701 2 014                                              NIP. 19740205 200801 2 007

Menyetujui / Disahkan


YUSRAN LAPANANDA, SH. MH
NIP. 19681122 199703 1 002














DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan…………………………………………………………………………
Kata Penganta…………………………………………………………………………………
Daftar isi………………………………………………………………………………………..
BAB I             PENDAHULUAN
                        1.1 Visi Misi SMK………………………………………………………..
                        1.2 Visi Misi Dinas PPKAD……………………………………………………
                        1.3 Pendidikan Sistem Ganda (PSG)…………………………………………..
                        1.4 Tujuan Prakerin ……………………………………………………………
                        1.5 Manfaat Prakerin …………………………………………………………
BAB II                        PENGALAMAN KERJA SELAMA PRAKERIN
                        2.1 Persiapan…………………………………………………………………...
                        2.2 Sejarah singkat Dinas PPKAD…………………………………………….
                        2.3 Jenis-jenis kegiatan yang dilaksanakan……………………………………
                        2.4 Kesesuian program diklat yang diperoleh disekolah………………………
BAB III          PENUTUP
                        3.1 Kesimpulan………………………………………………………………..
                        3.2 Saran……………………………………………………………………….
                        3.3 Saran Untuk Lokasi………………………………………………………..                    3.3 Saran Untuk Sekolah………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Visi Misi SMK Negeri 1 Limboto
Ø  Visi
Terwujudnya manusia yang beriptek,berdaya saing dan siap pakai
Ø  Misi
a)      Mewujudkan manusia yang berilmu pengetahuan,terampil, dan mandiri,
b)      Menciptakan manusia yang berimtaq,berahlak mulia, dan mempunyai dedikasi yang tinggi,
c)      Menjadikan manusia yang mempunyai daya saing,inovativ,kreatif,dan siap pakai.
1.2       Visi Misi Dinas PPKAD Kab. Gorontalo
Ø  Visi
Menjadikan Dinas Yang Professional Dan Akuntabel Dibidang Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah.
Ø  Misi
a)      Menjadikan aparatur yang professional dalam Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah
b)                Mewujudkan tertib Administrasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
c)      Mewujudkan Pelayanan Prima kepada masyarakat dibidang pendapatan, administrasi keuangan dan aset daerah
d)     Mewujudkan pengelolaan pendapatan daerah yang transparan, tertib dan akuntabel dalam rangka peningkatan Pendapatan Daerah
e)      Meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dengan SKPD terkait dalam rangka pengelolaan pendapatan, keuangan dan asset daerah

1.3       Pendidikan Sistem Ganda
            Untuk dapat mengimplementasikan misi dan kebijakan pemerintah tentang
‘LING  AND MATCH’ di tempat pola yang strategis melalui PSG merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memudahkan program pendidikan di sekolah yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu dengan tujuan :
1)      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang mempunyai/memiliki tingkat keahlian/kemampuan,keterampilan dan etos kerja sesuai dengan ketentuan lapangan kerja
2)      memperoleh link and match antar sekolah dengan dunia usaha
3)      meningkatakan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkulitas professional
4)      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman  keja sebagai bagian dari proses pendidikan..
Pendidikan sitem ganda (PSG)  dilaksanakan ata dasar keputusan/ketentuan dalam undang-undang No.2 tahun 1998 tentang pendidikan Nasional, peraturan pemerintah No.29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah,peraturan No.39 tahu  1992 tentang peran masyarakat dalam pendidikan serta keputusan mendikbud No.0409/U/1992 tentang SMK dan keputusan mendikbud No.080/U/1993 tentang kurikulum SMK di mana pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di sekolah dan pendidikan di luar sekolah dalam hal dunia usaha dan industry/instansi.





1.4  TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN
 Kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan untuk setiap siswa/siswi merupakan program keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
Adapun tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk:
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2. Memperkokoh Link and Match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
3. Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.
5. Membekali siswa dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja, sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
6. Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah atau kesulitan yang ditemuinya.
7. Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
8. Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di bidang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan.








1.5  MANFAAT PRAKERIN
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja Industri yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja Industri yang telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut :
1. Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja Industri, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2. Waktu tempuh untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktek kerja Industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
3. Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
4. Menambah pengetahuan mengenai perusahaan milik pemerintah, dalam hal ini DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH Kab.GORONTALO.








BAB II
PENGALAMAN  KERJA SELAMA PRAKERIN
2.1       Persiapan
            Persiapan yang dilakukan oleh siswa SMK sebelum melaksanakan kegiatan prakerin melalui dua (2) tahap yaitu intern dan ekstern,Sbb:
1)        Tahap intern yaitu merupakan persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan melakukan coaching ( pembekalan ) yang diberikan selama satu minggu, pemberian materi berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang akan ditemui dilokasi dan pemberian materi yang berhubungan dengan sikap dan perilaku yang baik dalam dunia usaha dan instansi.
2)        Tahap ekstern yaitu merupakan pemberian materi terhadap siswa yang diperlukan untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia usaha dan instansi yang bekerja sama dengan sekolah yang bertujuan agar dapat membantu dalam menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan Instansi yaitu sumber daya manusia yang handal dan professional.
2.2       Sejarah Singkat Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Kab. Gorontalo
            Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Gorontalo adalah salah satu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang berkedudukan sebagai Dinas Daerah.
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah merupakan salah  satu unit organisasi berada dibawah koordinasi Asisten Administrasi yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor  36 Tahun 2007 dengan fungsi pokoknya yaitu mengelola administrasi keuangan daerah Kabupaten Gorontalo yang terdiri dari Sekretariat dan 4 Bidang yaitu Bidang Pendapatan, Bidang Anggaran dan Verifikasi, Bidang Akuntansi dan Bidang Aset.
Tugas-tugas Dinas PPKAD yaitu melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah berdasar Asas Otonomi dan Tugas Pembantuan dalam bidang Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah meliputi :
# Sekretariat
# Bidang Pendaftaran dan Pendataan
# Penetapan dan Penagihan
# Anggaran
# Perbendaharaan dan Kas
# Akuntansi dan Aset Daerah.
           
Adapun fungsi bagian yang berada di Dinas PPKAD sebagai berikut

a)        SEKRETARIAT
Sekretariat terdiri dari tiga Subag yaitu subag Keuangan, subag Perencanaan dan subag Umum dan Kepegawaian. Dalam pelaksanaan Pekerjaan dengan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan dibidang program perencanaan baik administrasi Keuangan, Umum dan Kepegawaian dengan profesional.

b)        BIDANG PENDAFTARAN DAN PENDATAAN
Untuk meningkatkan Pendapatan Daerah di Kabupaten Gorontalo dilakukan Pendaftaran dan Pendataan pada Obyek Pajak maupun Retribusi. Pendaftaran dan Pendataan pada obyek pajak maupun retribusi ini dilakukan setiap tahun untuk mendapatkan jumlah obyek pajak maupun retribusi secara akurat. Selain itu juga dilakukan jemput bola penarikan pajak maupun retribusi daerah untuk mendapatakan atau mengoptimalkan pendapatan daerah.


c)         BIDANG PENETAPAN DAN PENAGIHAN
Melaksanakan penetapan jumlah pajak dan retibusi daerah yang terhutang yang data-data Wajib Pajak maupun Wajib Retribusi diperoleh dari Bidang Pendaftaran dan Pendataan, serta menatausahaan jumlah ketetapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang penghitungannya dilimpahkan kepada daerah. Melaksanakan Penagihan tunggakan kepada Wajib Pajak maupun Wajib Retribusi yang lewat jatuh tempo belum terbayar. Melaksanakan pembukuan dan Pelaporan mengenai realisasi penerimaan maupun tunggakan Pajak Daerah / Retribusi Daerah dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

d)        BIDANG ANGGARAN
Dalam penyusunan APBD Kabupaten Gorontalo dilakukan dengan prinsip Anggaran berbasis kinerja.
Kemudian dalam Penyusunan APBD Kabupaten Gorontalo Tahun 2007, telah melaksanakan Permendagri No.13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana diubah berdasarkan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 dengan menggunakan Sistem Implementasi Keuangan Daerah (SIM) keuangan daerah.

e)      BIDANG PERBENDAHARAAN DAN KAS DAERAH
Dalam pelaksanaan Anggaran berpedoman pada anggaran kas dan kemampuan keuangan daerah sehingga likuiditas kas daerah dapat terjaga dan pencairan dana dapat terpenuhi dengan lancar.






f)       BIDANG AKUNTANSI DAN ASET DAERAH
Pelaksanaan pelaporan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo terdiri :
# Laporan Semester Pelaksanaan APBD  
# Laporan Realisasi APBD
# Neraca Daerah yang dilengkapi dengan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
# Laporan Arus Ks
2.3       Jenis-Jenis Kegiatan Yang Telah Dilaksanakan
            Jenis-jenis kegiatan yang telah dilaksanakan selama mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di lokasi/lingkungan kerja Dinas PPKAD Kab.Gorontalo, sbb:
1)         Memisahkan tagihan lembar merah muda dari dinas - dinas
2)         Menulis ekspedisi surat keluar
3)         Menyusun documen
4)         Membuat sampul surat
5)         Menggandakan dokumen
6)         Membuat format registrasi tindasan
7)         Menyimpan dokumen
8)         Menyiapkan konsumsi untuk pelaksanaan rapat oleh kantor
9)         Mengubah daftar selisih gaji
10)     Memeriksa daftar selisish gaji
11)     Meregis tindasan
12)     Mengantar surat ke sespri
13)     Menata ruang kantor

Pada dasarnya semua kegiatan tersebut di atas belum pernah dipelajari di sekolah, namun  dengan adanya bimbingan dari instruktur di lokasi prakerin, maka semua pekerjaan yang di berikan selama prakerin berlangsung dengan baik


.
2.4     Kesesuain Program Diklat Yang Diperoleh Sekolah (SMK)
Melihat berbagai macam pekerjaan yang diberikan oleh instruktur selama dilokasi prakerin dapat menambah pengetahuan saya,tetapi kegiatan-kegiatan atau tugas-tugas yang diberikan oleh instruktur selama dilokasi tidak sesuai dengan program keahlian yang dibeikan di sekolah.
Adapun kesesuaian  dengan program keahlian akuntansi seperti menyusun laporan keuangan,merekapitulasi gaji pegawai,dan program keahlian akuntansi lainnya yaitu  KOMPAK (Komputerisasi Akuntansi), dan mengetik sama halnya dengan di lokasi  PRAKERIN sebab hampir seluruh kegiatan atau pekerjaan di lingkungan Dinas PPKAD Kab.Gorontalo menggunakan program komputer. Program yang sering digunakannyapun sama halnya dengan program diklat komputer yaitu Microsoft office word dan Microsoft excel. Tetapi dalam program komputer ada perbedaan sendiri yaitu Dinas PPKAD menggunakan aplikasi yang sering di sebut SIMDA yang berfungsi untuk menyimpan, mengimpor dan mengekspor data yang berupa SPJ, data setiap kecamatan dan sebagainya yang dilakukan secara online atau ofline….!

Saya sangat bersyukur karena adanya prakerin ini, saya berharap mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan baru yang tidak diperoleh dari sekolah sebelumnya, karena adanya prakerin ini saya diperhadapkan dengan keadan sebenarnya/sesungguhnya yang bukan sekedar teori yang mudah saja dimengerti dan dipahami, karena saya terlibat langsung dan sebagai pelaku pekerjaan dilapangan.




BAB III
penutup
Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar dapat bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya laporan PRAKERIN ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia usaha/Dunia industri.
Dengan dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Harapan saya sebagai penulis semua penjelasan didalam laporan ini telah tersusun rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi tingkat 2. Penulis telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan dimengerti bagi yang membacanya.













3.1       Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH dan membuat laporan ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.  Praktek kerja Industri ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi siswa dalam pendidikan di dunia kerja.
2. Praktek Kerja Industri  ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia kerja.
3. Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk menambah ketermpilan siswa dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada objeknya.
4. Dengan adanya Praktek Kerja Industri  ini, siswa/siswi tidak lagi memerlukan waktu latihan lanjutan bila ingin memasuki dunia kerja.
6. Kesalahan yang dilakukan akan merugikan perusahaan/Instansi tersebut dan kemungkinan juga dapat menimbulkan biaya yang tak terduga
                                                                            

                                              






                                                                                   
B. SARAN-SARAN
Pada kesempatan ini, ijinkanlah penulis untuk memberikan beberapa saran kepada pihak industri dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan dimasa mendatang.
I. Saran-saran untuk pihak industri
a. Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini akan lebih terarah apabila disusun
Suatu jadwal yang harus dikerjakan siswa/siswi selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan,
b. Agar Instansi (Penguasa/Kepala) memberikan arahan kepada siswa/siswi yang melaksanakan prakerin di instansi terkait mana yang harus dikerjakan/didengar Agar para siswa/siswi tidak bingung melaksanakan pekerjaan yang diberikan instruktur.
c. Kepada pihak industri untuk dapat lebih banyak memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa/siswi, supaya jam kerja dapat diisi dengan penuh tanpa ada waktu kosong yang terbuang percuma.
II. Saran-saran untuk pihak sekolah
Pihak sekolah agar dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan
PRAKERIN secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan
bersama.








Double Wave: Eriks.tahir@yahoo.com


1 komentar:

  1. The Best Sites in 2021 to play Blackjack & Roulette for Real Money
    There are tons of blackjack variations 구미 출장마사지 in 성남 출장마사지 this game, from Blackjack to Craps 강릉 출장마사지 to Blackjack, but these are still fairly new 포천 출장마사지 to the industry. 안산 출장안마 For

    BalasHapus